Thursday, 13 December 2012

3. Reaksi Akrosom Di landak Laut





hy guys sekarang kita lanjut membahas mengenai suatu proses yang harus terjadi agar si sperma dan sel telur dapat berfusi.  Reaksi yang saya jelaskan disini yaitu mengenai reaksi akrosom pada landak laut,,,tahukan landaka laut ? tuh loh yang punyi duri tajam – tajam..
 Reaksi akrosom khususnya pada hewan – hewan invertebrate laut setidaknya memiliki dua proses penting yaitu :  fusi dari vesikel akrosom dengan membran plasma sperma (exocytosis yaitu suatu proses yang menghasilkan pelepasan isi vesikel akrosom) dan perluasan proses akrosom (Colwin dan Colwin 1963).
Reaksi akrosom di landak laut diprakarsai atau dimulai karena  kontak sperma dengan lapisan jelly pada telur. Kontak dengan lapisan jelly menyebabkan exocytosis dari vesikel akrosom sperma dan pelepasan enzim proteolitik yang dapat mencerna selaput jelly dan membuat suatu jalan masuk si kepala sperma ke permukaan telur (Dan 1967; Franklin 1970;. Levine et al 1978). Urutan peristiwa tersebut dapat teman – teman lihat dibawah ini
Dalam landak laut, reaksi akrosom diduga diprakarsai oleh fukos yang mengandung polisakarida di selaput jelly dari telur yang mengikat sperma dan memungkinkan kalsium untuk masuk ke dalam kepala sperma (Schackmann dan Shapiro 1981; Alves et al, 1997;. Vacquier dan Moy 1997).  Exocytosis dari vesikel akrosom disebabkan oleh fusi dari kalsium membran akrosom dengan membran plasma sperma yang berdekatan (lihat digambar oe)

No comments:

Post a Comment