Monday, 10 December 2012

Proses sel telur yang genit menarik si sperma. ( Sperm attraction: Action at a distance )


1.   
Ok ketemu lagi dengan saya c Prof. Dr taufik arianto cMsi ( c itu artinya candidate )

Ok akan saya coba jelaskan...bagaimana sis el sperma pada pembuahan eksternal bisa bertemu dan menjalin hubungan cinta dengan sel telur.
Proses sel telur menarik perhatian si ganteng sperma telah didokumentasikan dalam banyak spesies, termasuk cnidaria, moluska, echinodermata, dan urochordates (Miller, 1985;. Yoshida et al 1993).

·         Pada banyak spesies, sperma yang tertarik ke arah telur   spesies yang sama yaitu dengan chemotaxis, nah apa itu khemotaxis,,,
·         khemotaxis yaitu proses datangnya sperma dengan mengikuti gradien bahan kimia yang dikeluarkan oleh sel telur.
·         Pada tahun 1978, Miller menunjukkan bahwa telur dari Orthopyxis cnidarian caliculata tidak hanya mengeluarkan faktor chemotactic tetapi juga mengatur waktu keluarnya senyawa chemotactic . Oosit dengan berbagai tahap pematangan yang berbeda ditempatkan pada kaca preparat, , dan sperma yang dihasilkan ditaruh pada jarak tertentu dari telur.  Si lalu Miller kemudian  menemukan bahwa ketika sperma yang ditambahkan ke oosit yang belum menyelesaikan tahap kedua meiosis sel telur, tidak ada sperma yang  ke sel telur. Namun, setelah pembelahan meiosis kedua selesai dan telur yang siap dibuahi, sperma bermigrasi ke arah sel telur


·         Dengan demikian jadi ada dua kesimpulan nih teman2,, yaitu,
-           oosit tidak hanya mengendalikan jenis sperma yang mereka tarik,
-          tetapi juga waktu kapan sel telur menarik si sperma…

Nah loh ada lanjutannya,  Mekanisme spesies chemotaxis berbeda antar spesies (lihat Metz 1978, Ward dan Kopf 1993).
·         Satu chemotactic molekul, yang terdiri dari  14-asam amino peptida yang disebut resact,  diisolasi dari telur jelly landak laut Arbacia punctulata (Ward et al. 1985).
·         Resact dapat berdifusi dengan mudahnya didalam air laut dan memiliki efek mendalam pada konsentrasi yang sangat rendah ketika ditambahkan ke suspensi sperma Arbacia (Gambar 7.9).
·         Ketika setetes air laut yang mengandung sperma Arbacia ditempatkan pada slide mikroskop, sperma umumnya berenang di lingkaran dengan diameter sekitar 50 m. Dalam hitungan detik setelah sejumlah resact disuntikkan , sperma bermigrasi ke wilayah injeksi dan berkumpul di sana.
·          Kemudian resact terus menyebar dari daerah injeksi, sperma lebih banyak direkrut ke dalam cluster yang berkembang. Resact spesifik untuk A. punctulata dan tidak menarik sperma spesies lainnya.Sperma  A.  punctulata memiliki reseptor di membran plasma mereka yang mengikat resact (Ramarao dan Garbers 1985;. Bentley et al 1986) dan dapat berenang gradien konsentrasi senyawa ini sampai mereka mencapai sel telur.

Sumber : Developmental Biology by Gilbert.

No comments:

Post a Comment